Sebab Aku Tak Sehebat Itu Mencintaimu

: a reply
Katamu, kamu tidak bisa membuatku mencintaimu seperti kamu mencintaiku.

Tapi aku mau mencintaimu dengan caraku sendiri. Yang awalnya tidak terburu-buru dan penuh ragu. Yang mengagumi diam-diam lantas tak bisa dibendung.

Suatu saat, aku akan sangat kaku dan kikuk. Alih-alih mengungkapkan cinta malah membicarakan Blaise Pascal. Katanya, “Le coeur a ses raisons que la raison ne connaît point.” The heart has its reasons that reason knows nothing of.

Suatu saat, aku juga akan sangat tergesa-gesa. Melakukan apapun demi membuatmu baik-baik saja. Atau bahkan sedikit memaksamu untuk tersenyum. Aku tahu itu salah, memaksamu. Tapi lalu, kamu akan berkata, “Tidak apa-apa.. mencintai tidak perlu petunjuk pelaksanaan, lakukan dari hatimu.”

Yang seperti itu, bukankah membuatku lebih jatuh hati padamu?

Tidak sebesar kamu mencintaiku. Tidak sehebat kamu jatuh hati padaku. Tidak perlu diadu. Tidak pakai tapi.

Bisa jadi, aku tidak berdaya di hadapanmu. Mungkin pula, aku menggebu-gebu tanpa henti memujamu. Duduk di sampingmu tanpa satu kata pun atau menghadiahimu sekotak cokelat, seikat bunga, sekeranjang kue, dan setangkai gulali.

Akan ada juga masanya di mana aku merasakan hal yang sama dengan apa yang kamu pikirkan. Mengapa kamu tidak bisa mencintaiku seperti aku mencintaimu? Bila tiba waktunya seperti itu, aku mau kamu mengingatkanku. Karena cinta seharusnya membebaskan dan perihal menjadi diri sendiri.

Di suatu hari yang menyisakan kelelahan, di mana kita terlalu keras terhadap satu sama lain dan diri sendiri, semoga kita akan selalu saling memaafkan. Dan di ujungnya, kamu akan berkata, “Sudah, besok, mari kita mencintai lagi.”

Kita akan jatuh cinta berkali-kali, setiap hari.

Apa yang seperti itu, cukup?



One thought on “Sebab Aku Tak Sehebat Itu Mencintaimu

Leave a Reply

