besok hari ibu

jalanan lengang mengingatkan kepada sepasang lengan di angan-angan.
jalan dan lukisan tidak pernah sepi dari derita yang disembunyi-sembunyikan.
dan malam adalah kanvas yang paling sunyi.

matamu kanvas yang warnanya teduh.
melukis malam dengan sempurna.
suatu malam,
aku melukis di matamu.
tentang bintang-bintang.
katamu, bintang tidak lebih jauh daripada rindu.

belakangan ini aku lupa akan bintang.
apa berarti aku juga lupa atas rindu?
aku ingin merindumu dengan tulus.
bukan yang jatuh karena hujan.
mungkin itu sebabnya aku berhenti melukis.
aku tidak mau kamu banyak merindu.
daripada merinduku, tidak rindukah kamu kepada ibu?

aku baru saja dikecup ibu.
malamku tiba-tiba lebih lengang daripada apapun.
rinduku rasanya hilang ketika ibu berkata, maaf ya.
bagaimana mungkin ibu yang meminta maaf kepadaku?
jalanku buntu.
maaf ibu, matamu jalan pulangku yang telah kulukis dengan banyak hujan.

hujan di mata biasanya tidak pernah mendatangkan pelangi.
di matamu juga.
di mata ibu terutama.
mendadak supernova,
aku abu di mata ibu.
aku tidak tahu cara mengubah warna hujan menjadi pelangi.
malam ini remang.
hal-hal yang aku sesalkan.
membasahi mata ibu dan merindumu.

di basah matanya, ibu mengecup keningku.
seingatku orang terakhir yang mengecup keningku adalah kamu.
… what more can i do?
kenapa muncul lagu itu.

kalau kamu mencari lagu yang paling damai dengarkan doa ibu.
malam menyimpan rahasia tentang siapa yang paling menyanyangimu dengan tulus.
ibu, satu-satunya.

“then i’ll always keep parts of you
are part of me forever.”

maaf, ya.

hari ibu, katanya.
adalah ibu yang menceritakan semesta
adalah ibu yang sepanjang masa.

Leave a Reply

