Pengagummu yang Mengganggumu

Kepada Kak Danar.

Selamat siang, semoga kakak dalam keadaan baik-baik saja setengah hari ini dan seterusnya.

Hai kakak yang menuliskan “Tadi Malam”,
masihkah kau hisap ganjamu, sayang?
masihkah kau yakin bahwa kamu tetap terbang?
(Malam tadi aku mimpi. Tentangmu dan perang Irak)
apakah kamu masih setia?

Semalam tadi aku bermimpi, aku bisa terbang. Aku selalu suka ketika di mimpiku aku menjadi seseorang yang bisa terbang. Mungkin selama di bumi, cuma mimpi yang mampu melawan gravitasi, cuma mimpi yang mampu melawan semua keterikatan dan hal-hal yang mengakar kuat. Sampai akhirnya mimpi-mimpi tersebut menjadi nyata, seolah ada sayap tak tampak yang membuat kita mengangkasa.

Begini kak, sebenarnya ini sederhana, Jumat yang lalu aku berusaha untuk “menerbangkan” seseorang, bukan dengan membelikannya tiket penerbangan lalu kuberikan padanya agar dia bisa naik pesawat. Aku hanya ingin dia bahagia di hari itu, melepaskan semua penatnya, mengajaknya pergi ke suatu tempat dan membuatnya tertawa, sepotong waktu di bumi yang seperti di khayangan. Aku rasa, bahagia bisa mengantarkan kita kemanapun itu. Aku hanya mau dia merayakan hari ulang tahunnya dengan penuh suka cita.

Sebagian besar rencana berjalan lancar waktu itu. Hanya saja, saat aku bersiap menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuknya, aku mengulang lirik yang sama sepanjang lagu. Oke, seketika itu, lagu selamat ulang tahun adalah lagu tersulit di dunia. Tapi untungnya dia malah tertawa tahu aku ga hapal.

Kalau kakak ada di sana waktu itu dan membantuku menyanyikan lagu selamat ulang tahun mungkin semua akan tambah sempurna. Ya walau terburuknya kakak juga ikut menertawakanku, ya tak apa. Aku tahu, kalau kakak pasti hapal lagu selamat ulang tahun, lagu sederhana tapi sepertinya liriknya sama terus-terusan. Selamat ulang tahun kami ucapkan, selamat ulang tahun kita kan doakan, selamat ulang tahun dan sejahtera, dan seterusnya ya begitulah (kayanya itu juga salah nulisnya, aku juga malas googling, hehehe).

Tapi tenang kak, walau lagu itu aku ga hapal, aku sedikit-sedikit hapal lagu kakak, “Mati Menahan Rindu”, “Magenta”, “Bersamamu” dan yang lainnya. Suara kakak bagus. Aku pasti ikut nyanyi keras-keras kalau lagi jalan-jalan terus diputar lagu-lagu kakak. Hehehehe.

Jadi begini, maaf kalau aku ga sopan, aku mau minta tolong sama kakak, tapi boleh ko kakak tolak kalau kakak keberatan. Kalau kakak ada waktu maukah kakak menyanyikan selamat ulang tahun? Ga ko kak, ga perlu di soundcloud atau diupload gitu-gitu, ga perlu juga di hadapanku dan dia. Kalau kakak lagi duduk sendiri atau lagi bengong atau mau tidur, tolong nyanyikan lagu itu untukku, wakilkan aku bernyanyi untuknya di kejauhan sana. Menyempurnakan semua di Jumat lalu, harinya itu (dia lagi marah sama aku kak dari semalam). Itupun kalau kakak tidak keberatan. (Iya ini pasti permintaan fans paling ngeyel)

Seharusnya surat ini surat dari seorang pengagum yang menuliskan kehebatan-kehebatanmu bukan malah meminta kakak melakukan sesuatu. Tapi bagiku, kakak akan selalu hebat. Meski mengenalmu dari suara dan tulisan-tulisanmu, seseorang yang menenangkan dan menyenangkan, dari kejauhanpun akan terasa. (Hanya orang keren dan terpilih yang bisa bermimpi memegang zat asam padat warna kuning).

Segini dulu ya kak suratnya. Terima kasih banyak sebelumnya. Semoga juga tanggal 19 Maret nanti aku sudah bisa hapal lagu selamat ulang tahun itu dan bisa menyanyikannya untuk gadis Bekasi.

*oia kak, saat aku menulis ini, aku sambil mendengarkan I Dreamed a Dream-nya Anne Hathaway, aku kepikiran kakak, sepertinya kalau kakak nyanyiin itu bagus juga. Maaf kalau aku sok tahu.*

Salam,
Pengagummu yang mengganggumu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s